Menu Atas

Iklan

jtvbojonegoro
Saturday, September 5, 2020, 14:28 WIB
Last Updated 2020-09-05T07:28:55Z
Pojok PituViewer

Purnawirawan Polri Tekuni Budidaya Merpati Balap


MAGETAN - Seorang purnawiranan polisi di kabupaten magetan, menekuni budidaya merpati balap. Selain hobi, budidaya merpati balap dianggap prospek karena harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah, perpasang.

Setelah purna dari anggota kepolisian , edi susanto, lebih banyak mengisi waktunya dengan budidaya merpati balap. Tak perlu lahan luas, ia hanya membuat kandang di samping rumanya, di kelurahan bulukerto kecamatan magetan kabupaten magetan.

Selain karena hobi dengan merpati sejak remaja, edi mengaku, budidaya merpati balap, memiliki prospek yang bagus ke depan. Karena merpati balap yang bisa juara, bisa dihargai ratusan juta bahkan ada yang mencapai 1 miliar rupiah.

Saat ini, ia memiliki lima belas pasang merpati balap. Seekor merpati yang pernah juara lokal, sempat ditawar 9 juta rupiah. Namun belum dijual , karena masih menjadi salah satu kesayangannya.

Tidak ada makanan khusus untuk merpati balap. Biasanya hanya diberi beras merah, atau jagung kecil khas madura. Namun butuh kejelian dan kesabaran untuk memasangkan dua merpati berbeda jenis kelamin. Juga, kandang harus selalu bersih.

Selain memberi suplay makanan yang bagus, butuh ketelatenan untuk melatih merpati balap. Semakin sering menjuarai lomba, semakin mahal juga harga merpati balap tersebut.