Iklan Gambar

Iklan Gambar

Iklan

jtvbojonegoro
Saturday, September 19, 2020, 14:38 WIB
Last Updated 2020-09-19T09:14:47Z
Pojok PituViewer

Warga Temukan Tumpukan Batu Bata Mirip Benteng Kuno


NGANJUK - Warga di kabupaten nganjuk, menemukan tumpukan batu bata kuno di pekarangan rumah warga. Saat awal digali, bangunan tersebut mirip dinding talud. Namun, saat digali lebih dalam, ternyata mirip bangunan benteng jaman kuno. Hingga kini, pihak terkait masih terus melakukan penggalian.

Buhani, seorang warga kelurahan ngeronggot, kecamatan ngeronggot, kabupaten nganjuk, menemukan tumpukan batu bata kuno di pekarangan rumah milik naim warga desa setempat. Temuan ini, kemudian dilaporkan ke perangkat desa setempat hingga ke dinas parporabud nganjuk.

Awalnya, tumpukan bata itu disangka dinding talud. Namun, setelah dilakukan ekskavasi, ternyata berupa bangunan bagian dari sebuah benteng pada jaman majapahit.

Sayang sekali kondisi bangunan terputus dan belum berhasil dibuka seluruhnya oleh dinas parporabud nganjuk. Rencananya, temuan ini juga akan dilaporkan ke bpcb jawa timur untuk ditindaklanjuti.

Menurut amin fuadi, kasi museum sejarah dan kepurbakalaan dinas parporabud kabupaten nganjuk. Dinding benteng atau jagang baluwarti ini diperkirakan menyambung dengan bangunan benteng yang pernah ditemukan lebih dulu di area persawahan desa setempat. Jaraknya dari jagang baluwarti ini, sekitar satu kilometer  meter arah selatan.

Diperkirakan, di tengah jagang baluwarti ini, ada sebuah istana kotaraja era sebelum majapahit. Hal ini melihat dari hasil penemuan benda benda kuno yang jumlahnya sangat banyak dan merata.

Hingga kini, pihak dinas parporabud nganjuk masih terus melakukan eksavasi didinding benteng tersebut dengan alat berat.