Iklan Gambar

Iklan Gambar

Iklan

jtvbojonegoro
Friday, October 9, 2020, 12:14 WIB
Last Updated 2020-10-09T05:42:48Z
Pojok PituViewer

Di Tengah Pandemi Bisnis Bunga Justru Kian Menjanjikan

Reporter: Saiful Mualimin

JOMBANG - Salah satu usaha yang mengalami permintaan kenaikan selama masa pandemi ini adalah bisnis bunga hias. Selain bunga jenis janda bolong,jenis  aglonema juga mengalami kenaikan. Meskipun harganya tidak sepantastis janda bolong,trend harga aglonema juga mengalami kenaikan. Untuk memenuhi permintaan sejumlah petani di jombang terus membudidayakan tanaman hias ini.

Salah satu tanaman hias yang mengalami kenaikan permintaan adalah jenis aglonema. Tanaman hias yang memiliki daun warna merah ini seolah menjadi penghibur di musim pandemi dimana  banyak orang berfokus melakukan aktifitas di rumah.
 
Seperti yang dirasakan petani aglonema di desa banjardowo kecamatan  kota jombang. Petani yang  memiliki hobi mengoleksi tanaman hias  sejak tahun 2005 terus menambah koleksinya. Petani ini memotong batang aglonema untuk dikembangkan menjadi lebih banyak. Tidak heran jika di rumahnya banyak aglonema yang di tertata sebagai koleksinya.
 
Mardi susanto penghobi tanaman jenis aglonema ini mengatakan  bunga aglonema mulai banyak dicari karena bunga yang biasa di import dari sejumlah negara terhenti di musim pandemi. Akibatnya stok berkurang sedang permintaan masih terus meningkat. Tidak heran jika saat ini banyak petani yang membudidayakannya sendiri.
 
Akibat terbatasnya barang, harga tanaman yang biasa dijual dikisaran harga 15 ribu sekarang sudah merangkak mencapai 60 ribu. Beda lagi dengan harga jenis aglonema koleksi. Tanaman ini bisa memiliki harga hingga jutaan karena memang langka dan jumlahnya terbatas.