JTV

JTV

Iklan

Redaksi JTV Bojonegoro
Wednesday, October 28, 2020, 16:35 WIB
Last Updated 2020-10-28T09:35:49Z
Pojok PituViewer

Mobil PCR Magetan Diusulkan Ke Kemenkes Jadi Jejaring Lab PCR

Reporter: M. Ramzi

MAGETAN - Dinas kesehatan provinsi jawa timur, melakukan visitasi mobil PCR milik pemkab magetan. Nantinya dinkes jatim akan mengusulkan ke litbangkes kemenkes, agar mobil ini bisa menjadi jejaring lab PCR.

Dinas kesehatan provinsi jawa timur, melakukan visitasi mobil PCR yang dimiliki pemkab magetan, di posko satgas penanganan covid-19 setempat, pada selasa siang, . Didampingi petugas dinas kesehatan kabupaten magetan, tim melakukan pengecekan beberapa peralatan lab di mobil yang dibeli seharga 4 milyar tersebut.

Kabid pelayanan kesehatan dinas kesehatan provinsi jawa timur, lili aprilianti, menjelaskan, visitasi dilakukan untuk memastikan petugas medis aman dalam melakukan pemeriksaan spesimen pasien.

Pasca visitasi, dinas kesehatan provinsi jawa timur, akan membuat surat usulan ke litbangkes kementerian kesehatan republik indonesia, agar mobil ini menjadi jejaring lab PCR. Sehingga tidak hanya dari magetan saja. Pemeriksaan spesimen dari luar magetan juga bisa dilakukan di mobil PCR milik pemkab magetan ini.

Pembelian mobil PCR menggunakan dana refocusing ini, sebagai upaya pemkab magetan, mempercepat penanganan covid-19 di magetan. Karena selama ini pemkab terkendala hasil swab test yang harus menunggu 3 atau empat hari. Sementara dengan mobil PCR ini, hasil spesimen pasien bisa diketahui dalam jangka waktu empat jam.