Iklan

Redaksi JTV Bojonegoro
Friday, November 6, 2020, 16:24 WIB
Last Updated 2020-11-06T09:35:37Z
TubanViewer

Tanggapan Warga Hingga Akademisi Jelang Debat Pilkada Tuban 2020

Reporter: Khusni Mubarok

TUBAN - Malam ini JTV menyiarkan secara langsung debat pertama pilkada tuban tahun 2020. Seperti apa tanggapan dan harapan masyarakat kepada ketiga pasangan calon?, serta bagaimana tanggapan akademisi tentang debat dengan tema kesejahteraan rakyat ini. Berikut liputannya.

JTV, akan menyiarkan secara langsung debat publik, calon bupati dan wakil bupati tuban, peserta pilkada tuban tahun 2020. Debat ini akan disiarkan secara live, pada jumat malam, 6 november 2020, mulai pukul 19.00 hingga pukul 21.00 waktu indonesia barat. Selain itu, debat ini juga bisa disaksikan melalui live streaming youtube JTV dan akun media sosial KPU tuban.

Ketiga calon peserta pilkada tuban 2020 tersebut, masing-masing, nomer urut 1, pasangan khozanah hidayati dan muhammad anwar. Nomer urut 2, pasangan aditya halindra faridzky dan riyadi. Serta nomer urut 3, pasangan setiajit dan armaya mangkunegara. Ketiganya, akan mengikuti debat publik dengan tema kesejahteraan rakyat.

Dosen fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, amrullah ali moebin, mengatakan. Ketika berbicara tentang kesejahteraan rakyat, harusnya pasangan calon bisa menawarkan program riil yang menjadi kebutuhan publik.

Meski konteks tingkat kesejahteraan sangat luas, paslon harus membidik program riil yang sekiranya bisa mengambil poin penting untuk publik melirik programnya. Hal ini nantinya akan mempengaruhi pilihan masyarakat kepada paslon tersebut.

Sementara itu, mualim, nelayan tradisional asal kelurahan panyuran, kecamatan palang, tuban berharap. Bupati dan wakil bupati tuban terpilih, agar membangunkan lebih banyak tambat labuh untuk sandar perahu nelayan di pesisir tuban. Hal ini sangat diperlukan, lantaran jika cuaca buruk, banyak kapal nelayan tradisional yang rusak dihantam ombak besar. Selain itu, nelayan tradisional juga berharap adanya bantuan alat tangkap secara berkala.

Sedangkan, kelompok sadar wisata di kabupaten tuban berharap. Bupati dan wakil bupati tuban terpilih mempermudah perijinan, tata kelola, pembinaan hingga permodalan di bidang pariwisata.

Dengan digelarnya debat publik ini, diharapkan masyarakat tuban lebih mengenal calon bupati dan wakil bupati yang mengikuti pilkada tuban 2020 ini. Serta mengetahui program dan visi-misi paslon secara mendalam, sebagai salah satu pertimbangan pemilih dalam menentukan pilihannya.