Iklan

Sketsa Bengawan
Wednesday, December 16, 2020, 16:27 WIB
Last Updated 2020-12-16T09:27:15Z
BojonegoroViewer

Drone Pertanian, Permudah Pemupukan Dan Pembasmian Hama

Reporter: Samsul Alim

BOJONEGORO - Inilah alat pertanian berbasis teknologi, drone solution,  penyemprotan pembasmi hama tanaman padi, ini agar lebih efesien.  Drone menggunakan sistem gps yang menjadikan alat ini dapat mengelililingi lahan perswahan dengan tepat dan merata diseluruh area.

Kepala desa tikusan kapas , bojonegoro, edy sunarto, mengawali didaerahnya untuk membuat terobosan teknologi tepat guna, dengan kerjasama para mahasiswa ugm yogjakarta,  memproduksi drone solution senilai 115 juta rupiah, diharapkan mampu membantu kinerja para petani didesannya.

Disaat pandemi covid -19 bisa menghindari kerumunan warga, juga mengurangi biaya tenaga orang, dan dnegan drone pertanian ini bisa menghemat bahan kimia atau pupuk hingga lima puluh persen, dibanding dengan penaburan pupuk secara manual.

Drone ini sangat terukur dan mudah diaplikasikan untuk penyemprotan baik herbisida maupun fungisida, dalam satu jam mampu menyelesaikan enam hektar lahan pertanian.

Adanya drone solution dilahan pertanian ini diharapkan mampu memudahkan pekerjaan petani terutama petani muda agar tidak ketinggalan dengan negara lain.