Iklan

jtvbojonegoro
Saturday, February 27, 2021, 13:41 WIB
Last Updated 2021-02-27T06:41:25Z
Pojok PituViewer

Dampak Cuaca, Harga Sayur Naik, Cabe Nyaris Tembus 100 Ribu


JOMBANG - Kenaikan sayur mayur ini salah satunya terjadi di pasar pon jombang, yang ada di jalan gatot subroto jombang. Sejumlah pedagang sayur mengakui ada kenaikan beragam pada harga sayuran.  Kenaikan sudah terjadi sejak seminggu terakhir pasca cuaca ekstrim menerjang sejumlah kawasan.
 
Seperti harga cabe rawit yang sebelumnya 70 ribu sekarang tembus 99 ribu perkilogramnya,kemudian sayur seperti buncis dari 7 ribu naik menjadi 12 ribu,gubis naik dari 4 ribu menjadi 8 ribu,kacang panjang dari 4 ribu sekarang 7 ribu. Termasuk wortel dari 6 ribu naik menjadi 11 ribu.
 
Pungki permata putri salah satu pembeli mengakui, kenaikan cabe sangat meresahkan ibu tangga. Apalagi kenaikan cabe ini sudah melebih harga ayam tiga kali lipat. Dirinya meminta agar pemerintah bisa menekan harga cabe tidak sampai melejit kenaikannya.
 
Sementara hariyanto salah satu pedagang mengakui, sejak mengalami kenaikan harga sayuran  banyak pembeli yang mengurangi jumlah pembeliannya. Pedagang menduga kenaikan harga cabe dan sayur mayur ini akibat cuara buruk yang melanda sebelumnya.
 
Kenaikan harga cabe bukan sekali dua kali terjadi,setiap cuaca buruk harga cabe selalu melejit. Apalagi cabe ini menjadi kebutuhan dapur yang selalu diburu ibu rumah tangga.