Iklan

jtvbojonegoro
Monday, February 22, 2021, 14:30 WIB
Last Updated 2021-02-22T07:30:14Z
BojonegoroViewer

Serangan Hama Wereng Meluas, Petani Terancam Merugi


BOJONEGORO - Serangan hama wereng di desa wotanngare, kecamatan kalitidu, bojonegoro, semakin meluas. Selain menyerang tanaman padi di desa wotanngare, hama juga menyerang setidaknya 6 desa lain di kecamatan ngasem, bojonegoro.

6 desa tersebut diantaranya desa tengger, desa wadang, desa bareng, desa trenggulunan, desa sendangharjo dan desa jampet. Dari total luas lahan 350 hektare lahan pertanian di wilayah kecamatan ngasem, setidaknya 10 persen tanaman padi petani diserang hama wereng.

Tidak hanya hama wereng saja yang saat ini menyerang tanaman padi siap panen, akan tetapi tanaman padi juga warga juga diserang hama penggerek batang, yang menyebabkan padi tidak berisi dan mati kering.

Kepala desa tengger, asngari mengatakan, banyak lahan tanaman padi di desanya yang diserang oleh hama wereng. Selain diserang oleh hama wereng, tanaman padi warga rata-rata juga diserang penggerek batang. Kondisi ini membuar para petani khawatir, sebab jika dibiarkan akan berimbas pada hasil produksi petani.

Terkait hal ini, pihak desa berharap pemerintah kabupaten bojonegoro lebih serius dalam menanangani wabah hama wereng ini. Walaupun dalam hal ini pihak pertanian sudah turun langsung ke lapangan.

Sementara itu, petugas penyuluh lapangan dinas ketahanan pangan dan pertanian bojonegoro, sugiono mengatakan. Pihaknya telah berupaya melakukan gerakan pengendalian hama dan penyakit diwilayah tersebut. Selain itu, juga dilakukan upaya pencegahan secara swadaya oleh masyarakat agar tidak semakin meluas.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar ikut dalam program asuransi usaha tani padi dan nanti pihak pertanian akan memfasilitasi hal tersebut.

Diketahui bahwa hama wereng ini membuat tanaman padi mengering dan bulir padi kosong, sementara luasnya sebaran hama wereng ini membuat petani kesulitan mengendalikan dan mereka pun terancam merugi.