Iklan

jtvbojonegoro
Thursday, February 25, 2021, 15:39 WIB
Last Updated 2021-02-25T08:39:21Z
Pojok PituViewer

Warga Ngawi Ubah Saluran Air Kumuh Jadi Tempat Budidaya Ikan


NGAWI - Keberadaan kanal atau saluran air ini sudah ada sejak zaman kolonial belanda, yang difungsikan untuk irigasi ke rumah sakit, stopan air ke benteng van den bosch dan dkt. Namun setelah orde baru untuk program kali bersih tidak boleh lagi mengalirkan ke sungai-sungai dan akhirnya beralih fungsi menjadi pembuangan dari kota.

Dengan gotong royong masyarakat sidomakmur, membersihkan saluran air yang penuh dengan sampah dan terlihat sangat kumuh itu. Usaha tersebut kini membuahkan hasil. Saluran air yang dulu terkesan kumuh kini terlihat lebih bersih , nyaman , dan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk budidaya ikan.

Seperti yang dilakukan sukadi , ia bersama warga sidomakmur mempunyai gagasan untuk membuat saluran ini menjadi lebih bersih dan bisa dimanfaatkan untuk masyarakat banyak seperti membudidaya ikan. Tak hanya itu, ini juga untuk memacu pemuda agar punya kreativitas untuk membangun kampung ikan .

Kedepannya area sekitar sungai ini akan dijadikan destinasi wisata edukasi dan kuliner tradisional yang dapat meningkatkan ekonomi warga sekitar khususnya dilingkungan sidomakmur.