Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, March 15, 2021, 11:21 WIB
Last Updated 2021-03-15T04:21:16Z
Pojok PituViewer

Lebih Khusuk, Umat Hindu Pilih Nyepi Di Pura


JOMBANG - Brata penyepian dilakukan sejumlah umat hindu di dusun ngepeh desa rejoagung kecamatan ngoro jombang. Umat hindu ini sengaja melakukan brata penyepian di pura amrta buana di susun setempat. Selama brata penyepian di isi dengan sembahyangan serta untuk mendekatkan  diri kepada tuhan.
 
Sebagian umat hindu ini sengaja tinggal di pura selama brata penyepian.  Merasa lebih khusyuk dan lebih khidmad menjalani brata penyepian. Berbeda jika brata penyepian dilakukan di rumah masing-masing.
 
Pranutik pemangku pura mengatakan  selama brata penyepian tidak boleh ada api menyala, tidak boleh ada suara serta tidak boleh bepergian selama 24 jam.  Ritual  di pura suasananya sangat mendukung untuk mawas diri dan lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta.
 
Usai sembahyangan, sejumlah umat hindu tidak pulang ke rumah. Melainkan tetap berada di pura dengan berbagai aktivitas yang tidak melanggar brata penyepian. Seperti istirahat atau melepas lelah. Namun yang lain tampak memanjatkan puja-puja kepada tuhan yang maha kuasa.
 
Sedangkan bagi umat hindu yang tidak sempat ke pura, tetap berada di rumah masing-masing selama brata penyepian. Tidak makan dan tidak minum serta tidak membunyikan suara serta tidak bepergian. Hingga pada waktu yang ditentukan untuk menyambut hari raya ngembak geni setelah brata penyepian usai.