Iklan

Sketsa Bengawan
Wednesday, April 21, 2021, 15:37 WIB
Last Updated 2021-04-21T09:02:42Z
Pojok PituViewerViral

Masjid KH Abdurrohman Tegalrejo Dibangun Pada 1835 Masehi


MAGETAN - Masjid kyai haji abdurrohman, terletak di dusun tegalrejo, desa semen kecamatan nguntoronadi kabupaten magetan. Masjid ini termasuk masjid tertua di magetan. Bila dibandingkan dengan masjid kuno di godekan tamanarum kecamatan parang magetan, masjid kyai haji abdurrohaman ini lebih tua, karena dibangun pada tahun 1835 masehi.

Hingga sekarang masjid ini masih menjadi pusat kegiatan keagamaan. Terlebih saat bulan suci ramadhan ini, masjid semakin banyak dikunjungi. Selain kegiatan rutin para santri di masjid tersebut.

Sempat mengalami renovasi di bagian depan, karena untuk menampung jamaah yang terus bertambah. Namun bangunan di dalam, mulai tiang, mimbar, masih bangunan lama yang terbuat dari kayu. Termasuk menara masjid.

Salah satu pengurus masjid, muhammad gufron abrori, menceritakan, sosok kyai haji abdurrohman, merupakan penasehat pangeran diponegoro yang babat alas dusun tegalrejo. Saat ini masjid masih terawat dengan baik, oleh keluarga keturunan kyai haji abdurrohman.

Selain keunikan masjid tua yang masih berdiri kokoh, di lokasi ini juga terdapat sumur, yang airnya diyakini memiliki kelebihan. Orang sekitar bahkan menyebutnya air zam-zam. Warga biasa mengambilnya untuk diminum langsung. Pernah diuji lab, dan hasilnya memang layak dikonsumsi.