Iklan

Sketsa Bengawan
Friday, April 23, 2021, 16:08 WIB
Last Updated 2021-04-23T09:27:30Z
Pojok PituViewerViral

Melihat Jamaah Shalat Tarawih 30 Juz Di Ponpes Temboro


MAGETAN - Sepintas tak ada yang berbeda aktivitas keagamaan di bulan suci ramadhan, di pondok pesantren alfatah temboro, kecamatan karas kabupaten magetan. Di masjid darussalam trangkil, para santri dan masyarakat sekitar, melaksanakan shalat berjamaah, mulai shalat isya’ hingga shalat tarawih.

Akan tetapi di lokasi masjid trangkil, ternyata ada beberapa halaqoh atau kelompok yang melaksanakan shalat tarawih jama'ah, dengan mengkhatamkan 30 juz al-quran . Selain jama'ah dari santri pondok, jamaah shalat tarawih 30 juz ini juga berasal dari masyarakat umum.

Ustadz barli musaddad, kepala madrasah di ponpes alfatah temboro, menjelaskan, shalat tarawih 30 juz, sudah berjalan sejak lama. Hal tersebut didasari kecintaan para santri, untuk membaca dan menghafal alquran.

Awalnya, para santri hanya membaca satu juz, meningkat dua juz, 10, 20, hingga 30 juz. Bagi yang tarawih hingga khatam 30 juz, biasanya menghabiskan waktu selama kurang lebih 8 jam, atau hingga pukul 4 dini hari. Biasanya mereka langsung sahur, dan shalat subuh.

Hingga saat ini, ada 10 kelompok yang menunaikan ibadah shalat sunnah tarawih, dengan mengkhatamkan 30 juz alquran.

Selain shalat tarawih 30 juz, di masjid trangkil, juga banyak halaqah lain, yang shalat tarawih dengan satu juz, dua juz, lima atau sepuluh juz. Untuk yang satu juz, biasanya diikuti oleh masyarakat umum, atau santri baru.