Iklan

Sketsa Bengawan
Thursday, April 22, 2021, 15:16 WIB
Last Updated 2021-04-22T08:58:13Z
BojonegoroViewerViral

Untung Banyak Dari Budidaya Jamur Tiram Di Tengah Ramadhan


BOJONEGORO - Ini dia rumah pembudidaya jamur tiram berada di desa ngraho, kecamatan gayam, kabupaten bojonegoro. Rumah budidaya jamur tiram tersebut adalah milik huda yang juga dikenal sebagai pembudidaya jamur tiram sukses.

Cerita sukses huda berawal saat mengikuti pelatihan budidaya jamur tiram pada tahun 2019. Selain itu, ia juga belajar dari pelaku budidaya jamur tiram lainnya, hingga akhirnya membuka budidaya sendiri di kabupaten bojonegoro.

Menurut huda, proses awal pembibitan jamur tiram sampai penjualan bibit jamur tiram membutuhkan waktu sekitar 2 minggu. Sementara untuk perawatan mulai dari 0 hingga panen jamur tiram , membutuhkan waktu 1 bulan hingga 2 bulan .

Untuk pemasaran jamur tiram sendiri, huda mengaku sangat mudah. Hal ini karena jamur tiram banyak peminatnya dan sudah banyak masyarakat yang tau rasa dan kasiatnya .

Harga jamur tiram perkilogramnya berkisar 13.000 rupiah hingga 15.000 rupiah perkilogramnya. Pada bulan puasa ini, penjualan jamur tiram milik huda mengalami peningkatan sekitar 30 persen, dibanding hari-hari biasanya.

Tiap harinya, dengan dibantu 3 karyawannya, rata-rata huda mampu menjual jamur tiram antara 10 hingga 15 kilogram . Tiap bulannya, ia mampu meraup jutaan rupiah.