Iklan

Sketsa Bengawan
Friday, May 7, 2021, 14:16 WIB
Last Updated 2021-05-07T07:16:40Z
TubanViewerViral

Berbuka Puasa Dengan Nasi Becek Daging Plus Es Podeng Khas Tuban


TUBAN - Menjelang waktu berbuka puasa, rumah joglo bale rasa, yang ada di desa bogorejo, kecamatan merakurak, kabupaten tuban, nampak sibuk. Para pekerja terlihat mempersiapkan berbagai keperluan untuk berbuka puasa para pecinta kuliner tradisional yang datang ke tempat ini.

Namun bukan hidangan mahal ala restoran mewah yang dicari para pengunjung. Sebab warung makan joglo ini hanya menawarkan menu buka puasa ala kondangan. Untuk makanan utama yaitu perpaduan nasi bungkus daun jati dan kuah becek daging sapi, sementara hidangan penutupnya berupa es podeng.
 
Kedua menu ini merupakan suguhan khas hajatan atau kondangan untuk para tamu yang hadir. Namun di era modern, terlebih pandemi covid-19, membuat menu ala kondangan ini mulai langka. Sehingga kehadiran nasi becek daging dan es podeng ini menjadi pengobat rasa rindu terhadap gelaran pesta pernikahan atau khitanan.
 
Perpaduan becek daging dan nasi bungkus daun jati menciptakan rasa nikmat khas pedesaan. Sementara es podeng yang berbahan dasar puding dan aneka buah ini memberi kesegaran setelah seharian berpuasa.
 
Banyaknya peminat dan minimnya tempat makan membuat warung kerap penuh, sehingga calon pengunjung harus memesan tempat terlebih dahulu. Tak hanya enak-nikmat, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Untuk satu porsi paket nasi bungkus daun jati, becek daging dan es podeng hanya dibandrol rp38.000.
 
Bagaimana, penasaran mencicipi??. Selain becek buwuhan, pengelola warung juga menyediakan menu lain, seperti ayam goreng dan telur dadar yang cocok untuk lidah anak-anak.