Iklan

Sketsa Bengawan
Friday, May 7, 2021, 14:53 WIB
Last Updated 2021-05-07T07:53:15Z
Pojok PituViewerViral

Dimakan Usia, Jembatan Ploso Dibatasi Untuk Kendaraan Bertonase Berat


JOMBANG - Jembatan ploso ini menjadi salah satu jembatan utama penghubung jombang babat lamongan. Jembatan ini dibangun di tahun 80 dengan spesifikasi untuk kendaraan dengan beban muatan maksimal kendaraan 30 ton.
 
Sayangnya seiring berjalannya waktu,banyak kendaraan bermuatan melebihi kapasitas melintasi  jalur tersebut. Dampaknya kondisi jembatan yang berusia sekitar 40 tahun ini mengalami flat tidak melengkung layaknya jembatan normal.
 
Tutuk suryojatmiko kepala unit pelaksana teknis pengelolaan jalan dan jembatan (upt pjj) mojokerto dinas pekerjaan umum bina marga jatim mengatakan berdasarkan rapat bersama kepolisian dan perhubungan jatim maka jembatan ditutup untuk kendaraan kelas 1 dan 2.
 
Petugas mengalihkan untuk kendaraan bermuatan diatas 30  meliwati jalur tol. Untuk jalur pengalihan dari lamongan akan dibelokan  ke marmoyo di perempatan kabuh hingga tembus gedek mojokerti dan masuk tol mojokerto. Sebaliknya dari jombang akan dialihkan masuk ke jalur tol tembelang.
 
Pembatasan jalan ini akan di ujicoba selama satu bulan ke depan. Setelah itu baru akan diberlakukan sanksi bagi kendaraan yang masih nekat melewati jembatan dengan    tonase berat diatas 30. Sejumlah rambu saat ini sudah mulai dipasang sebagai bentuk sosialisasi awal.