Iklan

Sketsa Bengawan
Thursday, May 20, 2021, 14:56 WIB
Last Updated 2021-05-20T07:56:13Z
Pojok PituViewerViral

Lebaran Ketupat, Warga Nekat Terbangkan Balon Udara


JOMBANG - Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap hari ke delapan idul fitri warga desa bandung, kecamatan diwek, jombang merayakan lebaran ketupat. Mereka mengawali kegiatan dengan menggelar kenduri ketupat di mushalla masing-masing.

Usai berdoa dan makan ketupat warga melanjutkan tradisi   menerbangkan balon udara. Balon udara berukuran besar  terbuat dari bahan ringan. Balon yang dibuat secara berkelompok ini berasal dari bahan plastik dan kertas.  Sebagai energi agar bisa terbang, balon dipenuhi dengan asap dari pembakaran daun kelapa. Untuk bisa bertahan di udara, balon diberi obor.  Warga yang melihat  balon udara  mulai mengudara langsung bersorak gembira menyambutnya.

Muhtarom kepala desa bandung mengakui tradisi menerbangkan balon sudah dilakukan warga sejak puluhan tahun silam. Namun semenjak ada larangan  menerbangkan balon pemerintah sudah mulai melarang warga. Namun karena sudah menjadi tradisi, masih ada warga yang tetap menerbangkan. Meskpun jumlahnya jauh lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya.
 
Selain warga desa bandung, warga di desa sekitarnya juga menerbangkan balon serupa. Seperti warga  desa ngumpul kecamatan jogoroto dan sekitarnya.