Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, May 18, 2021, 14:02 WIB
Last Updated 2021-05-18T07:02:43Z
BojonegoroViewerViral

Pasca Lebaran, Harga Sejumlah Bahan Pokok Turun Drastis


BOJONEGORO - Kondisi tersebut, seperti yang terpantau di pasar tradisional sumberrejo, kabupaten bojonegoro. Harga sejumlah bahan pokok, diantaranya komoditas cabe, dan tomat, mengalami penurunan harga yang cukup signifikan mencapai 40 hingga 60 persen dibanding harga sebelumnya atau jelang lebaran lalu.

Harga cabe rawit hijau turun dari 27 ribu rupiah menjadi 15 ribu rupiah perkilogram. Cabe rawit merah, turun dari harga 60 ribu rupiah perkilogram, kini anjlok drastis menjadi 25 ribu rupiah saja perkilogram, sedangkan untuk cabe merah keriting kini berada dikisaran 17 ribu rupiah, dan cabe merah besar berada dikisaran 40 hingga 42 ribu rupiah perkilogram.

Selain itu, komoditas lainnya yang terpantau turun adalah tomat. Harga tomat berangsur turun dari kisaran harga 10 ribu rupiah perkilogram, saat ini tinggal berada dikisaran 4 ribu hingga 5 ribu rupiah tiap kilogramnya.

Adapun untuk harga bawang putih, masih stabil dikisaran 22 ribu rupiah perkilogram, dan bawang merah justru naik sebesar lima ribu rupiah menjadi 25 ribu rupiah per kilogram.

Para pedagang di pasar setempat, mengaku, penurunan harga beberapa komoditas tersebut, sudah dirasakan sejak sehari pasca lebaran lalu. Mereka menduga, kondisi tersebut, tak hanya disebabkan stok barang di pasar, melimpah. Namun juga dipicu sepinya pembeli usai perayaan lebaran.

Para pedagang memperkirakan penurunan harga beberapa komoditas tersebut, masih akan terjadi, setidaknya hingga sepekan mendatang. Seiring dengan masih melimpahnya stok barang, yang tersedia di pasaran.