Iklan

Sketsa Bengawan
Saturday, May 29, 2021, 16:16 WIB
Last Updated 2021-05-29T09:16:56Z
BojonegoroViewerViral

Tahap Finishing, Waduk Gongseng Akan Segera Diresmikan


BOJONEGORO - Pembangunan bendungan gongseng atau lebih dikenal dengan waduk gongseng, yang berada di desa papringan, kecamatan temayang, kabupaten bojonegoro, sudah hampir selesai. Saat ini, pembangunan telah memasuki tahap akhir atau finishing, sehingga selanjutnya dapat segera diresmikan.

Menurut rencana, pada musim hujan mendatang atau sekitar bulan september 2021, bendungan tersebut mulai dapat dilakukan pengisian air, sehingga pada pertengahan 2022 bendungan tersebut sudah dapat difungsikan untuk sarana pengairan sawah di kabupaten bojonegoro.

Kepala dinas pu sda, tedjo sukmono, saat di konfirmasi melalui telefon seluler menjelaskan, pembangunan bendungan gongseng saat ini telah memasuki tahap akhir dan tinggal penambahan beberapa fasilitas penunjang bendungan tersebut.

Pada bulan september mendatang, bendungan tersebut sudah dapat diresmikan. Namun, pihaknya masih belum memastikan kapan tanggal peresmian bendungan tersebut. Selain itu, pada musim hujan mendatang atau diperkirakan juga jatuh pada bulan september 2021, bendungan tersebut mulai dapat dilakukan pengisian air.

Bendungan gongseng, nantinya diproyeksikan untuk mendukung suplai pengairan pada daerah irigasi waduk pacal, sehingga dari dua bendungan tersebut mampu menampung air total sejumlah 46 juta meter kubik.

Untuk diketahui, bendungan gongseng berfungsi untuk mendukung suplai pengairan pada daerah irigasi waduk pacal. Bendungan gongseng nantinya bisa menampung 22 juta meter kubik air dan bisa mengairi keperluan irigasi seluas 6.200 hektare, dengan volume air baku 300 liter per detik, dan berpotensi untuk pembangkit listrik sebesar 0.7 mega watt.