Iklan

Sketsa Bengawan
Wednesday, June 2, 2021, 14:42 WIB
Last Updated 2021-06-02T07:42:02Z
BojonegoroViewerViral

Keindahan Jobjlopan Gunung Gede Diantara Deretan Perbukitan Kendeng


BOJONEGORO - Bagi anda penggemar wisata alam, belum lengkap rasanya bila anda belum datang di jobjlopan gununggede, kawasan perbukitan kendeng, desa bobol, kecamatan sekar, kabupaten bojonegoro.

Disini, anda akan disuguhi pemandangan alam luar biasa yang seolah tiada ujung. Selain lembah perbukitan kendeng yang indah, dan masih alami. Didalamnya juga terdapat mata air jernih, dengan air terjun yang mengalir di atasnya. Warga setempat menyebutnya jobjlopan gunung gede, sebab, lokasinya tepat berada di bawah kaki gunung gede, turut dusun bangeran, desa bobol.

Jobjloban gunung gede ini, tergolong istimewa. Sebab, air yang mengalir muncul dari celah bebatuan kapur, setinggi kurang lebih 25 meter. Selain itu, alam sekitarnya juga masih tampak alami, suasana khas pedesaan yang sangat sejuk, tenang dan nyaman.

Keindahan alamnya, membuat lokasi ini juga cocok untuk dijadikan obyek foto bagi para fotografer. Tak jarang, mereka rela datang jauh-jauh untuk mendapatkan gambar pemandangan indah di air terjun ini.

Kepala desa bobol, saemo, menjelaskan, wisata alam jobjlopan gunung gede ini, sebenarnya sudah dibuka pemerintah desa sejak sekitar tiga tahun lalu. Namun, karena terdampak pandemi. Jumlah wisatawan yang awalnya mencapai dua ribuan per bulan, kini menjadi sangat sepi. Mereka yang masih datang umumnya hanya dari wilayah bojonegoro, dan itupun saat hari libur ataupun weekend saja, dengan jumlah sedikit tak sampai belasan orang.

Selain terkendala pandemi. Pesona air terjun ini, juga belum didukung oleh infrastruktur sarana dan prasarana yang memadai. Akses menuju lokasi, sementara hanya dapat ditempuh dengan jalan kaki, maupun trail dan offroad, sejauh kurang lebih dua kilo meter dari pemukiman warga.

Melihat kondisi ini. Pemerintah kabupaten bojonegoro bersama dinas pariwisata setempat. Kini sedang mengupayakan kembali, pengembangan potensi wisata yang ada di wilayah ini. Sebab, selain keberadaan air terjun, di kawasan gununggede ini, juga terdapat beberapa objek wisata lainnya yang memiliki daya tarik tersendiri, diantaranya terdapat situs batu ukir dengan relief dan corak beraneka ragam, yang diduga berasal dari peradaban masa lampau.

Selain itu. Di sekitarnya juga terdapat puncak peri dan negeri atas angin, serta beberapa titik goa yang berada di sepanjang deretan lembah dan lereng perbukitan kendeng.

Adanya upaya dan semangat untuk menggelorakan kembali potensi wisata alam gununggede di wilayah perbukitan kendeng ini. Diharapkan nantinya dapat meningkatkan kembali perekonomian warga, yang sempat lesu akibat dampak pandemi covid-19.