Iklan

Sketsa Bengawan
Saturday, June 12, 2021, 14:46 WIB
Last Updated 2021-06-12T07:46:58Z
Pojok PituViewerViral

Memiliki Banyak Manfaat, Bunga Telang Mulai Dibudidayakan


NGAWI - Bunga yang bernama latin clitoria ternatea atau biasa disebut bunga telang dulu oleh sebagian besar masyarakat hanya dipandang sebagai tanaman liar. Namun dengan berjalannya waktu, tamanan ini ternyata memiliki banyak manfaat. Di kabupaten ngawi sendiri di desa brubuh, kecamatan jogorogo sebagian besar masyrakat mulai membudidayakan tanaman ini.

Bahkan hampir sebagian besar warga desa brubuh ini menanam bunga telang, di pekarangan rumah, lahan kosong, bahkan ada yang menggunakan lahan persawahan produktif yang kini beralih menjadi kebun bunga telang. Hingga menjadikan desa brubuh ini juga dijuluki sebagai kampung telang.

Diketahui, manfaaat bunga telang ini cukup banyak, antara lain, mampu membantu penyembuhan penyakit seperti diabetes,asma, dan jantung, selain itu dapat meningkatkan daya ingat dan mengurangi stres. Dengan manfaat ini maka sebagian warga mulai banyak yang membudidayakan untuk dijadikan peluang bisnis dan mengangkat perekonomian masyarakat, para petani ini juga mengolah nya menjadi teh bunga telang.

Salah satu petani bunga telang, purwanto mengaku, mulai membudidayakan bunga telang di kebun ini sejak 1 tahun yang lalu. Dikarenakan bunga telang memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi dan perawatannya pun cukup relatif mudah, apa lagi di daerah pegunungan seperti di kecamatan jogorogo ini kawan. Udara yang sejuk sangat cocok untuk membudidayakan bunga telang.

Setiap hari, dari 1000 pohon yang ditanam di pekarangan rumah , rata-rata mampu mendapatkan 1 kilogram bunga telang kering.yang kemudian diolah menjadi teh bunga telang dan siap untuk di pasarkan. Hingga kini masyarakat masih menggunakan sistem pemasaran secara manual di pasaran lokal ngawi.