Iklan

Sketsa Bengawan
Saturday, June 12, 2021, 15:14 WIB
Last Updated 2021-06-12T08:14:39Z
TubanViewerViral

Sekolah Di Tuban Gratiskan Biaya Siswa Baru Untuk Warga Terdampak Covid-19


TUBAN - Di tengah pandemi covid-19, lembaga pendidikan ash shomadiyah, yang ada di jalan kyai haji agus salim, kabupaten tuban ini, menggratiskan biaya sekolah bagi siswa baru. Hal ini dilakukan pihak lembaga pendidikan ash shomadiyah, sebagai bentuk empati terhadap wali murid, yang kini menjadi korban atau terdampak pandemi covid-19.
 
Penggratisan biaya sekolah ini diberikan kepada siswa baru mulai dari jenjang madrasah ibtidaiyah dan madrasah tsanawiyah secara penuh hingga lulus. Sementara untuk jenjang madrasah aliyah, biaya pendidikan gratis selama setahun.

Pendaftaran sekolah di tengah wabah corona, juga membuat lembaga pendidikan setempat menerapkan protokol covid. Siswa baru yang akan mendaftar wajib menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun dan tes suhu tubuh. Hal ini dilakukan sebagai upaya antisipasi dan pencegahan penyebaran virus corona.

Khusus untuk siswa yang mendaftar jenjang madrasah aliyah, juga diwajibkan mengikuti tes membaca dan menulis al-quran. Hal ini dilakukan untuk menentukan jurusan, sesuai dengan bidang keahlian siswa.
 
Menurut sejumlah wali murid yang mendaftar di sekolah ini. Mereka mengaku sangat bersyukur dan terima kasih. Pasalnya, mereka selama ini benar-benar terdampak secara ekonomi, akibat wabah virus corona.

Sementara itu kepala sekolah MTS dan MA ash shomadiyah, makam agung tuban, riza shalihudin habibi mengatakan. Program sekolah gratis ini sudah berjalan dua tahun terakhir sejak adanya pandemi covid-19. Dengan adanya sekolah gratis ini pihak sekolah berharap, bisa membantu orang tua dan siswa yang kesulitan secara ekonomi akibat dampak pandemi covid-19.
 
Sejauh ini, sudah ada 65 siswa yang telah mendaftar untuk jenjang ma. Selain itu, pihak sekolah juga menggratiskan uang gedung, SPP, seragam, dan buku.