Iklan

Sketsa Bengawan
Thursday, June 17, 2021, 15:28 WIB
Last Updated 2021-06-17T08:28:41Z
TubanViewerViral

Vaksinasi Lansia Di Tuban Berjalan Lambat, Baru Tercapai 6%


TUBAN - Vaksinasi covid-19 pada kelompok prioritas orang lanjut usia atau lansia, dilakukan di fasilitas kesehatan di 20 kecamatan di kabupaten tuban. Salah satunya seperti terlihat di puskesmas kebonsari, kecamatan tuban kota, pada kamis pagi.

Berdasarkan data dinas kesehatan kabupaten tuban, proses vaksinasi pada kelompok lansia di tuban, berjalan lambat. Pasalnya, sejak dimulai pada bulan april 2021 lalu sampai dengan saat ini, baru terlaksana 6,13 persen. Padahal, jumlah sasaran lansia di bumi wali sekitar 67.787 orang.

Kepala dinas kesehatan kabupaten tuban, bambang priyo utomo menjelaskan. Selama ini, pihaknya telah melakukan segala upaya untuk vaksinasi lansia. Baik menyebarkan luaskan informasi tentang vaksinasi, maupun mempromosikan. Namun, hal tersebut belum berjalan efektif. Selain itu, penyakit penyerta seperti diabet hingga hipertensi, juga menjadi salah satu faktor lambatnya vaksinasi untuk lansia di tuban.

Selanjutnya, pihak dinas kesehatan kabupaten tuban akan memanfaatkan pekan imunisasi pada tanggal 25 hingga 29 juni 2021 mendatang untuk vaksinasi lansia. Diharapkan para lansia bisa datang ke tempat-tempat vaksinasi terdekat, dengan hanya membawa ktp saja dan langsung bisa dilayani oleh petugas.

Sementara itu, vaksinasi covid-19 untuk lansia dilakukan di fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas yang ada di 20 kecamatan di kabupaten tuban.