Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Kamis, 08 Juli 2021, 16:02 WIB
Last Updated 2021-07-08T09:02:23Z
TubanViewerViral

Antisipasi Pencurian Ternak Jelang Idul Adha, Peternak Di Tuban Jaga Kandang


TUBAN  -Pemandangan berbeda terlihat di kandang sapi milik warga di kawasan perbukitan, tepatnya di desa grabagan, kecamatan grabagan, kabupaten tuban, pada rabu malam. Dengan bekal senter, para peternak sapi di desa setempat, berkeliling kandang untuk memastikan sapi-sapi milik mereka masih utuh.
 
Ronda di tengah kawasan tegalan ini mereka lakukan, untuk mengantisipasi aksi sapi. Apalagi jelang idul adha seperti ini, harga seluruh jenis sapi sedang mahal-mahalnya. Harga sapi dipasaran, mengalami kenaikan 1 hingga 2 juta rupiah perekornya, tergantung ukuran dan jenis sapi.

Ronda sampai subuh ini, salah satunya dilakukan oleh darno, tris dan basino. Aksi pencurian sapi yang terjadi beberapa tahun lalu, masih menghantui ingatan para peternak setempat. Meski kedinginan, mereka tetap rela menjalaninya. Peternak yang ronda, juga rutin keliling serta memantau kondisi di sekitar kandang, untuk memastikan sapi-sapi mereka aman.

Penjagaan kandang sapi pada malam hari ini, sudah dilakukan para warga sejak sepekan lalu. Para peternak bersyukur, sejak adanya ronda ini belum sekalipun ada aksi pencurian sapi.

Hal senada juga disampaikan basino, ronda ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya aksi pencurian sapi jelang idul adha. Namun, pada idul adha ini penjualan sapi mengalami penurunan. Pasalnya, pasar hewan ditutup sementara selama ppkm darurat jawa bali berlangsung.

Penjagaan ternak ini, akan terus dilakukan warga hingga situasi dinilai aman.