Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, July 6, 2021, 15:01 WIB
Last Updated 2021-07-06T08:01:59Z
BojonegoroViewerViral

Dua Hektar Hutan Jati KPH Bojonegoro Hangus Terbakar


BOJONEGORO - Kebakaran hutan jati ini, terjadi di jalan raya waduk pacal, kph bojonegoro, atau tepatnya di seberang jalan raya menuju waduk pacal, desa kedungsumber, kecamatan temayang, kabupaten bojonegoro.

Titik api diketahui muncul sejak senin siang, dan terus menyebar luas dari satu titik ke titik lainnya. Bahkan karena banyaknya ranting dan daun kering dan terpaan angin di musim kemarau membuat kobaran api cepat meluas, hingga sulit untuk dipadamkan.

Petugas gabungan dari tni, bersama regu damkar kabupaten bojonegoro, yang datang ke lokasi, sempat kesulitan memadamkan api. Mereka harus berjibaku sebelum akhirnya, api berhasil dipadamkan dengan mengerahkan satu unit truk damkar pemkab bojonegoro.

Akibat kebakaran ini, dua hektar hutan jati hangus terbakar. Selain menghanguskan ratusan pohon jati, kebakaran ini juga merusak habitat hutan dan ekosistem didalamnya.  

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran hutan ini. Diduga api sengaja dipantik oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Beruntung dalam kebakaran lahan hutan jati itu tidak ada korban jiwa.

Sebagai upaya antisipasi agar kebakaran hutan tidak terjadi, damkar bojonegoro mengimbau agar masyarakat atau pengendara jalan tidak membuang puntung rokok sembarangan maupun sengaja membakar daun kering yang ada di lahan hutan.