Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, August 10, 2021, 16:05 WIB
Last Updated 2021-08-10T09:05:54Z
TubanViewerViral

ASN Kemenag Tuban Patungan Bantu Warga Terdampak PPKM Darurat


TUBAN - Aksi solidaritas sejuta paket vitamin, dilakukan aparatur sipil negara kantor kementerian agama, atau kemenag, kabupaten tuban, pada selasa pagi. Mereka membagikan ratusan paket berisi sembako dan vitamin kepada pedagang kaki lima serta tukang becak di kawasan gor jaya anoraga tuban.
 
Selain itu, ratusan paket vitamin lainnya, akan dibagikan secara serentak di dua puluh kecematan, di kabupaten tuban, oleh para penyuluh agama di tingkat kecamatan. Aksi ini, dilakukan di tenggah sulitnya warga masyarakat, mencari kebutuhan hidup sehari, di masa penerapan pembatasan kegiatan masyarakat level tiga ini.
 
Namun, bukan anggaran negara yang digunakan untuk menyiapkan paket bantuan tersebut. Para aparatur sipil negara, atau asn, kemenag sukarela menyerahkan sebagian uang gajinya. Uang patungan yang terkumpul selanjutnya digunakan belanja barang bantuan.
 
Dari iuran atau patungan itu, terkumpul seribu paket bantuan berhasil tersedia. Adapun isi paket terdiri dari lima macam, yaitu beras, vitamin, minyak kayu putih, masker, dan susu.
 
Seluruh asn kemenag tuban, dipungut zakatnya setiap bulan. Besar pungutan berbeda-beda, karena bergantung prosentase besaran gaji yang diterima masing-masing. Zakat yang terkumpul biasanya disalurkan melalui kegiatan sosial, salah satunya untuk membantu warga terdampak pandemi covid-19 saat ini.