Iklan

Sketsa Bengawan
Saturday, August 14, 2021, 15:24 WIB
Last Updated 2021-08-14T08:24:55Z
LamonganViewerViral

Menguntungkan, Petani Di Lamongan Beralih Tanam Semangka Madu


LAMONGAN - Anjloknya harga gabah saat panen raya, membuat para petani padi di desa sumberjo, kecamatan pucuk, kabupaten lamongan beralih tanam semangka madu. Seperti terlihat di areal persawahan desa setempat, saat ini para petani sedang memasuki musim panen semangka.

Alih taman yang dilakukan sejak satu terakhir ini dinilai petani setempat lebih menjanjikan, karena petani bisa meraup untuk tiga kali lipat. Jika sebelumnya, dalam satu hektar sawah yang ditanami padi hanya menghasilkan keuntungan 14 juta rupiah sekali panen. Namun, saat ini para petani mampu meraup untung hingga 40 juta rupiah saat semangka panen.

Selain perawatannya mudah, waktu tanam hingga panen semangka juga lebih pendek, hanya membutuhkan waktu 60 hari atau dua bulan. Sedangkan tanam hingga panen padi, membutuhkan waktu lebih dari 90 hari atau 3 bulan setengah.

Sementara itu, menurut zuli lestari kepala desa sumberjo, keberhasilan petani di desa menginisiasi pihak desa untuk membuat agro wisata di desanya. Yang mana para pengunjung bisa berwisata sekaligus memetik semangka langsung di sawah desa setempat.

Semangka madu di desa sumberjo, biasanya dibeli oleh para tengkulak dari luar kota. Seperti bojonegoro, jombang, hingga semarang jawa tengah.