Iklan

Sketsa Bengawan
Thursday, August 12, 2021, 16:10 WIB
Last Updated 2021-08-12T09:10:49Z
BojonegoroViewerViral

Sambut HUT RI Ke 76, Warga Hias Lingkungan Dengan Bendera Super Panjang Keliling Desa


BOJONEGORO - Beginilah suasana dusun gumelem, desa bogangin, kecamatan sumberrejo, kabupaten bojonegoro, dalam menyambut hari ulang tahun ke 76 kemerdekaan Republik Indonesia.

Suasana lingkungan tampak cantik, dengan aneka umbul-umbul dan bendera merah putih berbagai ukuran. Menariknya, diantara sekian banyak umbul-umbul dan bendera yang menghiasi sudut jalan dan halaman rumah warga. Adapula sebuah bendera merah putih, super panjang, terpasang zik zak menghiasi sepanjang jalan desa setempat.

Keberadaan bendera sangat panjang ini, cukup menyita perhatian, hingga membuat takjub siapapun yang melintas. Bahkan, suasana desa yang awalnya sepi, kini tampak lebih meriah dan indah.

Bendera yang diketahui memiliki diameter lebar 70 centimeter dan panjang hingga mencapai 500 meter ini. Sengaja dikibarkan warga untuk memeriahkan hari ulang tahun ke 76 kemerdekaan republik indonesia.

Dibutuhkan waktu setidaknya empat hari untuk merangkai, menjahit, dan memasang bendera berukuran sangat panjang ini. Selain itu, dibutuhkan pula 50 buah tiang bambu untuk mengibarkan bendera merah putih ini, agar tetap kokoh dan berkibar mengelilingi desa setempat.

Warga mengaku pengibaran bendera ini, merupakan inisiatif seluruh warga, dan dibuat dengan cara swadaya masyarakat ini. Tak hanya sekedar mempercantik lingkungan. Pengibaran bendera ini juga bertujuan untuk membangkitkan rasa nasionalisme menyambut hut kemerdekaan republik indonesia.

Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengobarkan semangat optimisme warga, ditengah situasi sulit akibat dampak pandemi covid-19 yang hingga kini belum usai.

Dengan semangat kebersamaan menyambut hari kemerdekaan republik indonesia ini, warga berharap bangsa indonesia makin maju, dijauhkan dari segala musibah dan bencana. Termasuk pula pandemi covid-19 yang terjadi saat ini, dapat segera hilang, sehingga masyarakat dapat beraktifitas dengan normal dan tentram.