Iklan

Sketsa Bengawan
Wednesday, September 22, 2021, 14:08 WIB
Last Updated 2021-09-22T07:51:47Z
TubanViewerViral

Umat Konghucu Tuban Gelar Sembahyang Zhongqiu Dan Nikmati Kue Bulan


TUBAN - Puluhan umat konghucu tempat ibadah tri dharma, klenteng kwan sing bio, yang ada di jalan r.e martadinata kabupaten tuban, pada selasa malam menggelar perayaan zhongqiu (baca: tiongciu) atau kue bulan. Tradisi tahunan ini, digelar satu tahun sekali tiap tanggal 15, bulan delapan, penanggalan kongzili.
 
Berbeda dengan sebelum-sebelumnya, tradisi tahunan ini digelar secara sederhana di tengah penerapan ppkm level satu. Diawali dengan ritual sembahyang memuja dewi bulan. Acara sakral ini dilakukan di alam terbuka, tepatnya ditengah kolam naga, di halaman belakang klenteng setempat.
 
Setelah membacakan doa, acara dilanjutkan dengan menikmati keindahan bulan purnama. Sebagian umat menyusuri sungai dengan perahu tradisional menyusuri kolam di halaman belakang kletheng kwan sing bio.

Sedangkan sebagian lainnya, duduk-duduk santai sambil menyantap kue bulan dan secangkir teh hangat beserta keluarga, sembari menikmati keindahan bulan purnama.
 
Perayaan zhongqiu (baca: tiongciu) atau kue bulan merupakan tradisi yang telah berusia ribuan tahun. Warga tionghoa juga menyebutnya sebagai festival pertengahan musim gugur.
 
Pada perayaan kue bulan tahun ini warga tionghoa berharap covid-19 segera hilang. Sehingga ekonomi indonesia dapat kembali pulih dan bahkan berkembang.
 
Ritual sembahyang perayaan kue bulan dilakukan dua kali. Pertama dilakukan di tengah kolam, lalu menjelang tengah malam dilaksanakan ritual sembahyang kedua dihadapan altar leluhur.