Iklan

Sketsa Bengawan
Friday, October 22, 2021, 14:47 WIB
Last Updated 2021-10-22T08:14:15Z
Pojok PituViewerViral

Calon Jamaah Umroh Di Jombang Kesulitan Vaksin Booster



JOMBANG - Ratusan calon jamaah umroh melangsungkan latihan manasik ibadah sebagai persiapan keberangkatan menuju tanah suci, pada kamis pagi. Mereka tampak terharu hingga tak kuasa meneteskan air mata. Kegiatan yang digelar di hotel yang ada di jalan soekarno-hatta, jombang ini berlangsung hikmad. Manasik umroh  seperti membaca talbiyah dan praktek berdoa di sisi kabah.

Keinginan yang kuat membuat mereka rela natre harus menunggu lama. Meskipun sebagian persyaratan seperti surat vaksin minginitis sudah habis masa pakainya.

Sunadi, salah satu calon jamaah umroh mengatakan, dirinya sudah berencana akan  berangkat awaln tahun 2020 silam. Sayangnya akibat pandmei keinginannya harus tertunda.  Dirinya harus menyiapkan kembali persyaratan yang sudah tidak dipakai. Termasuk persyaratan vakksin boster bagi yang mendapatkan vaksin sinovac.  Terkait lokasi dan cara mendapatkan vaksin boster para jamaah belum mengetahuinya.

Sementara itu, nur kholis manajer travel umroh mengatakan, untuk kesulitan yang dihadapi calon jama'ah, pihak travel akan mencarikan solusi. Untuk vaksin booster akan koordinasi dengan kantor kesehatan pelabuhan udara, agar bisa divaksin saat jama'ah hendak terbang.

Selain kendala vaksin booster para calon jama'ah juga mendapatkan kendala vaksin miningitis banyak yang telah kedaluwarsa. Sebab vaksin miningitis dilakukan sesaat usai mendaftar dua tahun lalu.

Seperti diberitakan, pemerintah arab saudi telah membuka kedatangan jama'ah umroh indonesia. Dengan syarat telah vaksin sesuai  permintaan arab saudi.   Dua dosis vaksin astrazeneca, satu dosis vaksin jhonson & jhonson, dua dosis vaksin moderna atau dua dosis pfizer.  Untuk vaksin sinovac dan sinopham, meski telah dua dosis, harus ditambah satu vaksin booster sbelum berangkat.