Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, October 12, 2021, 15:28 WIB
Last Updated 2021-10-12T09:16:02Z
TubanViewerViral

Kemarau Panjang, Sungai Dan Bendungan Di Tuban Mengering



TUBAN - Seperti inilah kondisi sungai dan bendungan di kawasan perbukitan kapur kabupaten tuban. Musim kemarau panjang, membuat sungai dan bendungan kedung ireng, yang ada di desa sambongrejo, kecamatan semanding, kabupaten tuban ini berangsur surut dan bahkan mengalami kekeringan.

Sejauh mata memandang, yang terlihat hanya bongkahan batu dan pasir memenuhi dasar sungai. Bendungan dan air sungai yang biasanya dipenuhi air ini, terus mengalami penyusutan debit air dalam kurun waktu dua bulan terakhir.

Ketiadaan hujan, juga membuat sejumlah mata air berhenti memancarkan air. Akibatnya, sungai hanya menyisakan sedikit genangan di sudut bendungan.

Kondisi ini berdampak buruk terhadap lahan pertanian di desa sambongrejo, genaharjo, serta desa penambangan yang ada di sepanjang aliran sungai. Hektaran lahan produktif yang sedang ditanami jagung ini tidak mendapat pasokan air. Akibatnya, tanaman jagung mati mengering.

Kekeringan ini, diperkirakan masih akan berlangsung hingga bulan november mendatang. Kondisi ini, memaksa para petani setempat berhenti bercocok tanam dan membiarkan lahannya terbengkalai sementara waktu, sembari menunggu musim penghujan datang.