Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, October 12, 2021, 15:10 WIB
Last Updated 2021-10-12T09:16:36Z
Pojok PituViewerViral

Mulai Diminati, Ayam Ekor Lidi Mulai Di Buatkan Kontes



NGAWI - Keberadaan ayam jenis ekor lidi, mulai menjadi daya tarik para penghobi ayam hias di wilayah ngawi dan sekitarnya. Meski terlihat seperti ayam pada umumnya, namun perbedaan paling mencolok pada bulu bagian ekor. Sehingga ini yang menjadikan penggemar ayam jenis ekor lidi mulai diikutkan kontes.

Bertempat disalah satu rumah warga, sejumlah penghobi ayam ekor lidi mulai berkumpul untuk mendaftarkan ayam mereka pada kontes keindahan. Mereka membuat kontes ini sebagai bentuk ketertarikan pada hewan unggas tersebut. Sebenarnya untuk ayam tersebut berjenis ayam bangkok, tapi terdapat keunikan pada bagian ekor. Komunitas ini sengaja membuat kontes, agar menghilangkan kebiasaan jika ayam ini untuk aduan. Namun ada sisi keindahan lain yang dapat perlombakan.

Sementara untuk penilaian dalam kontes ayam ini mulai dari kondisi paruh, kepala ayam, jengger, warna bulu, dan paling menonjol pada bagian ekornya. Para penikmat keindahan ayam ekor lidi ini berharap, mampu merubah kebiasaan masyarakat yang kerap menggunakan ayam untuk bertarung, maka bisa dialihkan pada keindahan ayam.

Dalam kontes ayam ini pemenang juga mendapatkan trophy dan juga uang sertifikat. Bahkan dengan mulai dibuatkan kontes untuk ayam lidi ini membuat harga jual ayam mencapai jutaan rupiah. Bahkan untuk ayam bangkok dengan usia 6 bulan saja harga jualnya mencapai rp.2 juta per ekor. Untuk ayam pemenang kontes hingga puluhan juta rupiah.