Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Kamis, 28 Oktober 2021, 16:28 WIB
Last Updated 2021-10-28T09:28:56Z
TubanViewerViral

Lestarikan Alam Dan Lingkungan, Gubernur Jatim Tanam Pohon Dan Lepas Liarkan Burung



TUBAN - Berbagai upaya pelestarian alam dan lingkungan terus dilakukan pemerintah propinsi jawa timur. Kali ini, kegiatan dilakukan gubernur jawa timur khofifah indar parawansa di kawasan hutan lindung di tepi pantai sowan, desa sukolilo, kecamatan bancar, kabupaten tuban, pada kamis siang.

Bersama bupati tuban, pejabat pemerintahan, serta masyarakat sekitar hutan, gubernur menanam berbagai jenis tanaman. Seperti alpukat aligator, bisbul, asem jawa, sirsak, nangka dan matoa. Seluruhnya merupakan jenis tanaman penghijauan yang batangnya tidak memiliki nilai ekonomis, sehingga aman dari pembalakan liar.

Selain tanam pohon, gubernur juga melepas liarkan tiga jenis burung ke alam bebas. Yaitu burung kowak malam kelabu, pecuk padi hitam, burung ibis putih kepala hitam, yang memiliki habitat sekitar air.

Kegiatan pelestarian alam dan lingkungan ini diharapkan dapat memelihara ekosistem dan meningkatkan daya dukung dan kelestarian serta lingkungan. Pasalnya, pemanasan global atau global warming yang melanda seluruh belahan bumi telah memicu sejumlah bencana alam. 

Bahkan, peringatan BMKG, pada awal musim penghujan bulan november hingga februari wilayah jawa timur berpotensi dilanda badai lanina dan hidrometeorologi.

Usai menanam pohon dan melepas liarkan burung, guburnur khofifah juga meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat sekitar hutan setempat. Tingginya antusiasme masyarakat, membuat seribu dosis vaksin yang disediakan ludes hanya dalam waktu setengah hari.