Iklan

Sketsa Bengawan
Thursday, October 28, 2021, 16:24 WIB
Last Updated 2021-10-28T09:24:42Z
TubanViewerViral

Pemprov Jatim Gelar Upacara Hari Sumpah Pemuda Di Tuban



TUBAN - Pemerintah provinsi jawa timur, menggelar upacara peringatan hari sumpah pemuda ke-93. Namun, upacara kali ini tak berlangsung di gedung negara grahadi surabaya, melainkan di alun-alun kabupaten tuban, pada kamis pagi. 

Upacara hari sumpah pemuda di kabupaten tuban ini merupakan kali pertama yang dilakukan pemprov jatim, di luar surabaya. Upacara ini, dipimpin langsung oleh gubernur jawa timur, khofifah indar parawansa. Sementara bupati tuban, aditya halindra faridzky, bertugas membaca teks putusan kongres pemuda-pemuda indonesia tahun 1928. 

Gubernur jawa timur, khofifah indar parawansa mengungkap alasan upacara sumpah pemuda ditempatkan di kabupaten tuban. Ini, tidak terlepas dari jejak atau kilas balik peran dari sugondo djodjopuspito, tokoh pemuda tahun 1928 yang memimpin kongres pemuda indonesia kedua dan menghasilkan isi sumpah pemuda.

Sugondo sendiri, merupakan tokoh kelahiran asal tuban, pada 22 februari 1905. Hasil dari kongres pemuda yang dipimpin sugondo yaitu bertumpah darah yang satu tanah air indonesia, berbangsa yang satu bangsa indonesia dan menjunjung bahasa persatuan bahasa indonesia. Untuk itu, gubernur jatim mengajak pemuda agar terus memberikan karya terbaik bagi bangsa dan negara.