Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, October 11, 2021, 15:04 WIB
Last Updated 2021-10-11T08:22:24Z
Pojok PituViewerViral

Pandemi, Santri Ponpes Sukses Budidaya Koi Hingga Raup Puluhan Juta



BLITAR - Budidaya ikan koi memiliki prospek yang menggiurkan. Tak hanya sebagai hiburan, dari sisi ekonomi budidaya koi bisa mendatangkan keuntungan berlipat. Pasalnya, harga ikan koi yang memiliki corak bagus bisa di banderol harga puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Seperti yang saat ini tengah digeluti oleh zaenul fuad, seorang santri ponpes bustanul mutta'alimin, blitar, asal kelurahan talun, kecamatan talun, kabupaten blitar. Ia tergolong sukses menggeluti usaha budidaya ikan koi di tengah pendemi.

Usaha yang dijalaninya setahun terakhir ini, kini menjadi pemasok pundi – pundi rupiah. Dari usahanya tersebut, penghasilan yang didapat oleh  zainul fuad bisa mencapai puluhan juta tiap bulannya.

Zainul fuad mengaku, awalnya  hanya sekedar hoby, ia mengenal ikan koi sejak awal nyantri di ponpes. Diawal pandemi, ia mencoba memulai mengembangkan budidaya ikan hias tersebut, ternyata begitu panen perdana hasilnya lumayan besar.

Dari situlah  zaenul fuad berusaha mengembangkan lagi dari yang semula hanya memiliki satu petak kolam, kini sudah menjadi tiga kolam di areal persawahan seluas setengah hektar. Jumlah ikan koi yang ia pelihara, kini jumlahnya mencapai ribuan ekor dan siap untuk dipanen.   

Kini, zainul fuad, tidak hanya menjual ikan yang berukuran besar saja. Ia juga melayani pesanan berbagai jenis bibit ikan koi dari berbagai daerah di indonesia, seperti sohaku, kohaku, soa dan berbagai jenis lainnya.