Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, October 18, 2021, 15:21 WIB
Last Updated 2021-10-18T09:44:13Z
Pojok PituViewerViral

Ratusan Warga Ramai-Ramai Berburu Ikan Di Sungai Bendung Balongsono



JOMBANG - Ratusan warga dari sejumlah desa memadati sungai bendung balongsono, kecamatan sumobito jombang. Dengan menggunakan peralatan seadanya, warga semangat untuk menangkap ikan. Masing-masing warga membawa alat untuk menangkap ikan seperti jaring dan jala. Namun tidak sedikit yang hanya dengan tangan kosong. Setiap kali muncul ikan,warga ramai-ramai berebut menangkap. Sehingga menjadi tontonan yang menarik bagi warga lain.

Karena penutupan pintu air bendungan dilakukan petugas irigasi jawa timur hanya setiap kemarau, ikan limpahan dari bendungan sangat banyak. Sehingga penutupan bendungan ini telah ditunggu-tunggu warga.

Muahmmad nur salah satu pencaru ikan mengatakan  warga tidak ada yang pulang dengan tangan kosong.  Sebagian warga mendapatkan ikan hingga satu karung plastik. Jenis ikan yang didapat diantaranya keting, gabus , mujaer dan lele. Selain dikonsumsi sendiri, ikan yang didapat warga juga untuk dijual.

Penutupan pintu air bendungan balonsono  dilakukan beberapa hari untuk pembersihan. Penutupan dilakukan setelah menguras seluruh air bendungan agar bersih dari endapan lumpur dan sampah. Sehingga air bendungan bersih kembali mengantisipasi aliran di musim penghujan.