Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, October 18, 2021, 15:26 WIB
Last Updated 2021-10-18T09:44:36Z
Pojok PituViewerViral

Warga Jombang Manfaatkan Limbah Paralon Jadi Kaligrafi Unik



JOMBANG - Beginilah aktifitas yang dilakukan oleh slamet harianto,51,  warga desa kedawong kecamatan diwek jombang. Dirumahnya,slamet tampak memilah pipa-pipa paralon bekas. Setelah terpilih paralon yang dicari,tangan trampilnya langsung bekerja.

Pipa paralon berukuran 3 diameter dan 4 diameter ini langsung dipotong dengan menggunakan alat yang dimilikinya.  Setelah terpotong,paralon langsung di gambar sesuai konsep  pesanan. Kemudian langsung diukir  dan diberi  cat warna.

Slamet harianto mengaku ide ini muncul  saat melihat pipa paralon bekas yang terbuang sia-sia. Dengan melakukan uji coba secara otodidak.  Slamet membentuk paralon menjadi  menjadi lampu hias berkarakter kaligrafi.  Dalam   sehari  dirinya hanya mampu menghasilkan 5 karya dalam bentuk lampu paralon berbentuk kaligrafi dengan berbagai motif.

Buah tangan pria ini  paling murah dijual dengan 85 ribu rupiah hingga yang termahal 400 ribu rupiah. Tergantung tingkat kesulitan dan modelnya. Saat ini hasil karyanta  sudah terjual  ke luar kota mulai gresik, surabaya dan pasuruan. Dengan memanfaatkan pasar online perajin ini biasanya mendapatkan orderan dari pelanggannya.