Iklan

Sketsa Bengawan
Saturday, October 30, 2021, 15:20 WIB
Last Updated 2021-10-30T08:56:35Z
Pojok PituViewerViral

Ternak Ulat Kandang, IRT Raup Untung Jutaan Rupiah Perbulan



BLITAR - Maraknya minat masyarakat memelihara burung kicau dimasa pandemi membuat permintaan ulat untuk pakan meningkat. Hal ini menjadikan peluang bisnis sangat besar.

Seperti yang dilakukan oleh maria, seorang ibu rumah tangga, warga desa kendalrejo, kecamatan srengat, kabupaten blitar. Ia sukses meraup omzet puluhan juta dari hasil ternak ulat kandang.

Usaha yang dijalaninya sejak awal pandemi, belum genap dua tahun tersebut telah menghasilkan pundi pundi rupiah. Bayangkan, usaha ternak ulat kandang yang awalnya hanya coba–coba, kini bisa menghasilkan keuntungan bersih lebih dari  25 juta per bulan.

Menurut maria, bisnis ternak ulat kandang sangat mudah dan cukup menjanjikan . Karena pasarnya luas, apalagi permintaan ulat kandang di berbagai daerah untuk pakan burung berkicau cukup tinggi.

Maria memiliki kandang berukuran 20 x 40 meter dan menanpung1.500 kotak. Setiap kotak tersebut diisi sekitar 4 kilogram ulat kandang. Dari kandang tersebut setiap bulannya ia bisa menjual 3 ton ulat dengan harga jual per kilogram 17 ribu rupiah dengan omzet mencapai 51 juta rupaih.