Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, October 5, 2021, 15:14 WIB
Last Updated 2021-10-05T08:38:13Z
Pojok PituViewerViral

Warga Di Ngawi Mulai Kesulitan Air Bersih



NGAWI - Seperti inilah kondisi warga di dusun boan, desa,kecamatan bringin, ngawi. Lokasi geografis yang perbukitan membuat warga sulit mendapat pasokan air bersih. Terlebih pada musim kemarau ini. Warga harus mencari sumber air yang berjarak hingga 1 km dari pemukiman penduduk.

Dengan menggunakan sejumlah alat untuk penampungan air, warga mencari sumber air. Baik menggunakan jerigen, maupun ember. Warga mencari sumber air dan dibawa untuk kembali untuk mencukupi kebutuhan masak, mandi dan mencuci.

Di dusun boan sendiri terdapat 100 kk dengan 180 jiwa yang saat musim kemarau sering mengalami kesulitan air bersih. Bahkan untuk tahun ini sulitnya mendapat air sudah terjadi sejak tiga bulan terakhir. Karena sumber air di pemukiman sudah mulai mengering.

Warga berharap segera ada bantuan air bersih dari pihak pemerintah daerah setempat. Mengingat, kondisi krisis air bersih yang terjadi di dusun boan sudah cukup lama dan selalu terjadi setiap musim kemarau. Maka perlu ada antisipasi dari pemerintah daerah. Sementara berdasar bpbd ngawi, tahun ini terdapat 44 desa diwilayah kabupaten ngawi yang diprediksi akan mengalami krisis air bersih.