Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, November 30, 2021, 15:39 WIB
Last Updated 2021-11-30T09:35:58Z
Pojok PituViewerViral

Bupati Blora Resmikan Proyek Nasional Bendungan Randugunting



BLORA - Peresmian dimulainya pengisian air bendungan dilakukan bupati blora, arief rohman dengan menandatangani batu prasasti dan penekanan tombol bersama, dengan kepala bbws pemali juana, kepala dpu sda tata ruang jawa tengah, forkopimda blora, dan kepala dpupr dari blora, rembang, dan pati.

Dengan peresmian ini, secara teknis saluran pengelak aliran sungai yang dibendung, resmi ditutup, untuk pengisian air di badan bendungan.

Bupati blora arief rohman mengucapkan terimakasih kepada presiden, dan jajarannya yang telah membangunkan bendungan randugunting. Pihaknya berharap semoga nanti bisa berjalan lancar, dan bermanfaat untuk masyarakat. Tidak hanya untuk masyarakat blora saja, namun juga rembang dan pati.  

Sementara itu, muhammad adek rizaldi, kepala bbws pemali juana, selaku opd teknis dibawah kementerian pupr yang melaksanakan pembangunan bendungan randugunting menerangkan bahwa. Untuk pengisian air, di bendungan ini akan memerlukan waktu ideal hingga satu bulan.

Menurutnya, fungsi utama bendungan ini nantinya meliputi pemenuhan kebutuhan air bersih, irigasi lahan pertanian, konservasi sumber daya air, dan pemulihan sumber air tanah di kawasan, bendungan serta pariwisata.

Untuk diketahui, proses pembangunan bendungan ini dibiayai langsung dari apbn pusat mulai tahun 2018 sampai 2022. Pembangunan mulai dilakukan pada tahun 2018 lalu, dengan nilai kontrak 858,7 miliar rupiah.

Sementara bendungan randugunting memiliki luas genangan 187,19 hektare dengan kapasitas tampung 14,42 juta meter kubik untuk mengairi lahan pertanian di kabupaten blora dan rembang serta pati melalui daerah irigasi kedungsapen seluas 630 hektare dengan pola tanam padi-padi-palawija. Selain itu, bendungan multifungsi ini juga dimanfaatkan untuk pengendalian banjir saat musim hujan.