Iklan

Sketsa Bengawan
Saturday, November 20, 2021, 15:22 WIB
Last Updated 2021-11-20T08:34:00Z
TubanViewerViral

Jalan Daendels Dan Sekolah Di Tuban Terendam Lumpur Banjir Bandang



TUBAN - Banjir bandang yang terjadi di wilayah kecamatan palang, kabupaten tuban, pada jumat malam, menyisakan endapan lumpur dan material yang terbawa arus banjir. Kondisi tersebut salah satunya seperti terlihat di jalur deandels di kelurahan panyuran, kecamatan palang, tuban, pada sabtu pagi.

Material banjir seperti ranting pohon dan lumpur, membuat arus lalu lintas di jalur nasional ini tersendat. Antrian panjang kendaraan tak terhindarkan.
 
Petugas dari badan penanggulangan bencana daerah atau bpbd kabupaten tuban bersama sejumlah pihak secara gotong royong membersihkan material yang terbawa banjir. Lumpur dibersihkan menggunakan mobil pemadam kebakaran, sedangkan ranting-ranting pohon dibersihkan menggunakan alat berat.
 
Material ini terbawa banjir bandang yang terjadi pada jumat malam. Hujan deras yang mengguyur wilayah tuban menyebabkan air saluran irigasi di tepi jalan setempat meluap.
 
Sementara itu, dampak banjir bandang ini juga dirasakan madrasah ibtidaiyah muhammadiyah 3 di yang ada di tepi jalur daendels setempat. Sejak pagi, para siswa dan guru beramai-ramai melakukan kerja bakti membersihkan sekolah mereka dari genangan lumpur.
 
Untuk sementara waktu, proses belajar mengajar diliburkan, hampir seluruh ruangan dan halaman sekolah terendam lumpur. Mendapati laporan, petugas dari bpbd tuban langsung ke lokasi membantu membersihkan lumpur menggunakan mobil pemadam kebakaran.
 
Banjir bandang seperti ini, kerap terjadi saat hujan deras melanda kawasan setempat. Pasalnya, gorong-gorong air menuju ke laut setempat, ukurannya terlalu kecil dan kerap tersumbat sampah. Akibatnya, air langsung meluap ke jalan daendels dan sekolah yang ada di kawasan setempat.