Iklan

Sketsa Bengawan
Thursday, November 25, 2021, 14:47 WIB
Last Updated 2021-11-25T08:49:14Z
TubanViewerViral

Ratusan Buruh Di Tuban Demo, Tuntut Kenaikan UMK Yang Layak



TUBAN - Penetapan upah minimum kabupaten atau UMK tahun 2022, disambut kecewa oleh para buruh di kabupaten tuban.minimnya kenaikan UMK, memantik aksi unjuk rasa dari sejumlah serikat buruh.

Tiga titik tempat jadi sasaran aksi massa, diantaranya kantor dinas ketenagaankerjaan yang ada di kawasan mall pelayanan publik, kantor DPRD dan kantor pemkab tuban.

Aksi yang digelar hingga rabu sore ini, tiga elemen buruh dari FSPMI, saburmusi dan spn menolak upah yang hanya mengalami kenaikan sebesar 6.990 di tahun 2022. Para buruh menganggap, kenaikan UMK ini terlalu kecil dan tak sebanding dengan biaya dan beban hidup di tuban yang semakin mahal.

Berbagai poster dan spanduk tuntutan mereka bawa untuk menyuarakan tuntutan. Mereka juga secara bergantian berorasi meminta upah yang layak dan berkeadilan. Mengingat, UMK tuban di tahun 2022 hanya mengalami kenaikan dari rp 2.532.234menjadi rp 2.539.224.

Dalam aksi ini, para buruh ditemui langsung oleh ketua DPRD tuban miyadi. Sementara saat aksi di pemkab, para buruh diajak untuk berdialog. Tuntutan yang disampaikan oleh para buruh ini diterima oleh pihak DPRD dan pemkab, sebagai catatan dan evaluasi kedepannya.

setelah dilakukan dialog, para buruh membubarkan diri dengan tertib. Para buruh mengancam, jika tuntutan mereka tidak dipenuhi, mereka akan kembali menggelar aksi dengan massa yang lebih banyak lagi.