Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Rabu, 24 November 2021, 13:30 WIB
Last Updated 2021-11-24T08:53:11Z
BojonegoroViewerViral

Warga Resah, Dua Titik Tanggul Bengawan Solo Bojonegoro Longsor



BOJONEGORO - Dua titik tanggul bengawan solo yang longsor ini, tepatnya berada di dusun puncel, desa pilang, kecamatan kanor, kabupaten bojonegoro.

Tanggul yang juga difungsikan menjadi jalan desa menuju persawahan ini, diketahui longsor, sejak dua pekan lalu, dan hingga saat ini, kondisinya terus bertambah parah. Tanggul yang awalnya hanya longsor sepanjang 5 meter dengan kedalaman rata-rata 3 meter, makin parah hingga amblas sepanjang 15 meter dengan kedalaman rata-rata mencapai 8 meter.

Longsornya tanggul ini, tak hanya menghambat akses warga untuk mengangkut hasil pertanian dari persawahan. Namun lebih dari itu, juga membuat warga sekitar, resah. Mereka khawatir, jika tak segera diperbaiki, tanggul yang longsor cukup parah ini, akan menjadi penyebab terjadi banjir besar, jika sewaktu-waktu debit air bengawan solo naik atau meluap.

Hingga kini, belum diketahui pasti, penyebab longsornya tanggul dan tebing bengawan solo ini. Namun berdasarkan hasil pemeriksaan dan pantauan petugas di lapangan. Longsornya tanggul sungai, diduga akibat dasar tanggul tergerus arus air yang mengalami pasang surut selama musim penghujan.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan. Warga bersama pemerintah desa, telah berupaya memperkuat sisi tanggul dengan menancapkan potongan bambu.

Warga berharap, tanggul dapat segera diperbaiki, atau minimal dapat dilakukan penanganan secara darurat. Sehingga tak membuat warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai, makin resah ataupun khawatir atas ancaman banjir besar, dimana hal itu tak hanya berdampak pada ratusan hektar areal pertanian, namun juga pemukiman di sekitarnya.