Iklan

Sketsa Bengawan
Saturday, December 4, 2021, 13:57 WIB
Last Updated 2021-12-04T07:12:42Z
Pojok PituViewerViral

Dampak Cuaca Buruk, Harga Cabai Tembus Rp. 70.000 Perkilogram



JOMBANG - Kenaikan harga cabai  rawit ini terpantau di pasar pon yang ada di jombang. Kenaikan pesat terjadi dalam kurun lima hari terakhir. Setiap harinya harga cabai ini naik 5 ribu rupiah hingga 15 ribu rupiah setiap harinya. Hingga saat ini harga sudah tembus 70 ribu rupiah perkilo dari harga sebelumnya 15 ribu.

Selain cabai merah, harga cabai merah besar juga ikut merangkak naik dari sebelumya harga normal 15 ribu rupiah perkilo, kini jadi 42 ribu rupiah perkilo. Cabai rawit hijau dari 12 ribu rupiah menjadi 42 ribu rupiah perkilo. Untuk harga cabai impor masih normal 60 ribu rupiah perkilo.

Hari salah satu perdagang mengatakan, kenaikan harga disebabkan oleh cuaca buruk. Di tingkat petani kondisi cabai banyak mengalami gagal panen karena cabai busuk dan rusak.  Setiap hari harga yang diterimanya mengalami kenaikan. Dampaknya  para konsumen harus mengurangi jumlah pembeliannya.  

Beruntung saat harga cabai melambung harga sayur mayur masih normal. Seperti tomat 5 ribu rupiah perkilo, kobis 4 ribu rupiah perkilo, wortel 9 ribu rupiah perkilo, sedangkan buncis 7 ribu rupiah perkilo.  Pedagang berharap harga kebutuhan pokok dan sayuran tetap stabil.