Iklan Beranda

jtvbojonegoro
Senin, 27 Desember 2021, 13:40 WIB
Last Updated 2021-12-27T06:40:13Z
BojonegoroViewerViral

Pasar Wisata Bojonegoro Siap Beroperasi di 2022


BOJONEGORO – Pengerjaan Pasar Wisata atau dulu disebut Pasar Banjarejo Unit II yang terletak di area pasar hewan Kota Bojonegoro telah rampung 100 persen. Diperkirakan, awal 2022, siap beroperasi dan difungsikan.

Kepala Bidang (Kabid) Tata Bangunan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Bojonegoro Beny Kurniawan menjelaskan, pengerjaan fisik telah selesai dan tinggal difungsikan. Luas total bangunan yakni 15.335,6 meter persegi. Terdiri dari dua bangunan yaitu Gedung A dan Gedung B masing-masing dua lantai.  Berisi total sebanyak 206 kios, 951 los basah dan 559 los kering.

Lanjutnya, beberapa fasilitas turut dibangun. Di antaranya musala dan kamar mandi di setiap lantai.  Fasilitas umum lainnya yaitu terdapat kantor pengelola pasar, lahan parkir luas yang dapat menampung sekitar 39 mobil dan 112 motor. Dilengkapi juga dengan loading dock atau tempat bongkar muat barang, serta fasilitas K3. Seperti instalasi fire hydrant dan fire alarm system. Untuk pengelolaan lingkungan, Pasar Wisata dilengkapi juga dengan  IPAL dan TPS. 

“Tahun depan sudah bisa dioperasikan. Tinggal peresmian. Pasar Wisata ini menjadi infrastruktur penting untuk berlangsungnya aktivitas perdagangan. Tentunya semua pihak agar mengupayakan untuk memanfaatkan fungsi bangunan tersebut sebagaimana mestinya,” pungkasnya. 

Selain itu, lanjut Beny, keberadaan Pasar Wisata ini menjadi penting untuk aktivitas perdagangan dan perputaran ekonomi. Perlu diketahui, pembangunan dikerjakan selama delapan bulan dan rampung di akhir November.