Iklan

Sketsa Bengawan
Thursday, December 30, 2021, 15:52 WIB
Last Updated 2021-12-30T09:23:27Z
BojonegoroViewerViral

Tebing Sungai Longsor Ancam Rumah Warga Di Bojonegoro



BOJONEGORO - Beginilah kondisi tebing sungai mekuris yang longsor di dusun dungmas, desa kedungrejo, kecamatan sumberrejo, kabupaten bojonegoro.

Curah hujan tinggi dalam sepekan terakhir, membuat tebing sungai yang dekat dengan rumah warga, longsor sepanjang lebih dari 20 meter, hingga menyebabkan halaman dan pondasi teras salahsatu rumah warga, amblas tergerus air.

Saat ini, untuk mengantisipasi hal-hal yang tak dinginkan, pemerintah desa bersama bpbd bojonegoro, telah melakukan penanganan darurat dengan cara memasang terpal, bronjong kawat serta potongan bambu di sepanjang titik yang mengalami longsor.

Perangkat desa kedungrejo, bambang menjelaskan longsor tebing sungai mekuris ini, setidaknya mengancam tiga rumah, masing-masing milik arbain, suhadak, dan rokhani. Sebab, jaraknya sangat dekat dengan sungai.

Adapun yang paling parah adalah rumah milik arbain, dimana bagian depan rumah telah menggantung lantaran bagian bawah pondasi rumah telah amblas tergerus air.

Atas kondisi ini, para pemilik rumah, telah diminta untuk mengosongkan rumahnya, terutama saat terjadi hujan deras maupun ketika malam hari. Hal ini dilakukan demi keselamatan mereka dari ancaman longsor yang lebih parah, atau hal hal yang tak diinginkan.

Untuk sementara, tiga keluarga yang rumahnya terancam longsor ini, akan ditampung di rumah kerabat terdekat.   

Selain dilakukan penanganan darurat di titik longsor. Pemerintah desa juga berencana melakukan relokasi terhadap rumah warga yang rawan longsor ini, ke tempat yang dinilai lebih aman.