Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, January 4, 2022, 16:30 WIB
Last Updated 2022-01-04T09:37:42Z
TubanViewerViral

BPBD Tuban Tangkap 2 Ular Piton Raksasa, Kerap Mangsa Ternak Warga



TUBAN - Ular piton atau sowo kembang ini bersembunyi di antara tumpukan kayu rumah dita agung purnomo di desa kembangbilo, kabupaten tuban. Keberadan hewan melata sepanjang lima meter ini sempat menyulitkan petugas BPBD. Setelah satu jam melakukan perburuan, petugas akhirnya berhasil menangkap sang ular.

Penangkapan ular piton ini bermula dari keresahan warga yang sebulan terakhir kerap kehilangan ternak, baik ayam maupun unggas. Setelah dilakukan pemantauan, ternyata hewan peliharaan warga dimangsa ular piton.

Kemunculan ular kemudian dilaporkan petugas BPBD. Ular berhasil ditangkap hidup-hidup dengan kondisi perut melembung usai menelan satu ekor ayam jago. Selanjutnya ular dievakuasi ke kantor BPBD tuban.

Sebelumnya, petugas juga sempat menangkap ular piton sepanjang tiga setengah meter di pemukiman warga desa sumurgung. Ular diduga kelaparan, sehingga masuk pemukiman untuk mencari mangsa hewan ternak. Penangkapan berlangsung dramatis, karena ular terus berusaha kabur dan menyerang petugas.

Hingga kini kedua ular piton masih dipelihara di kantor BPBD tuban. Petugas akan berkoordinasi dengan pecinta reptil, agar ada yang memeliharanya.