Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Senin, 24 Januari 2022, 14:39 WIB
Last Updated 2022-01-24T08:22:14Z
Pojok PituViewerViral

Harga Cabai Mahal, Petani Justru Merugi Karena Gagal Panen



BLITAR - Harga cabai rawit merah ditingkat petani saat ini masih bertahan di angka 40 ribu rupiah per kilogram.namun  di saat harga cabai mahal, para petani di kabupaten blitar justru  mengeluhkan hasil yang di dapat merosot tajam. Hal ini disebabkan banyak tanaman cabai terkena serangan hama.

Kondisi ini salah satunya dirasakan para petani di dusun subiantoro, desa kebonduren, kecamatan ponggok, blitar. Tanaman cabai para petani setempat ludes diserang hama petek.hama tersebut menyerang bagian buah mengakibatkan buah cabai membusuk .

Padahal, para petani baru merasakan hasil panen  5 kali petik. Akibat serangan hama tersebut para petani harus mengalami kerugian puluhan juta rupiah.

Di desa setempat, puluhan petani menanam cabai di lahan seluas 50 hektar. Seluruhnya diserang hama petek dan  terpaksa di panen muda dengan harga jual sangat murah.

Atas kondisi ini, para petani hanya bisa pasrah dan berharap pada musim tanam selanjutnya, hasil yang didapatkan bisa lebih baik dari musim tanam kali ini.