Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, January 31, 2022, 15:37 WIB
Last Updated 2022-01-31T09:18:25Z
TubanViewerViral

Imlek, Klenteng Kwan Sing Bio Buat Patung Macan Air Berkilau Emas



TUBAN - Suasana berbeda terlihat klenteng kwan sing bio yang ada di jalan re martadinata, kabupaten tuban, pada senin pagi. Pengurus dan jamaah klenteng setempat terlihat nampak sibuk bergotong royong mempercantik area klenteng.
 
Pengurus dan jamaah membersihkan altar peribadatan. Selain itu, mereka juga membersihkan patung dewa, hingga mengganti lampion yang sudah usang dengan lampion baru yang lebih cantik.
 
Menyambut perayaan tahun baru imlek 2573 ini sebuah patung macan air dibuat khusus untuk menyambut pengunjung maupun jamaah klenteng. Patung cantik dengan ornamen khas warna emas ini diletakan sangat strategis dan terlihat pengguna jalan dari jalur pantura.
 
Keberadaan patung macan emas ini cukup menyita perhatian. Banyak pengguna jalan yang kebetulan melintas rela berhenti untuk singgah. Mereka menyempatkan diri ber-swafoto sebagai konten unggahan di media sosial.
 
Selain menjadi hiasan indah, patung dipilih sebagai simbol bahwa tahun 2573 merupakan tahun macan air. Hal dilakukan agar perayaan imlek yang jatuh pada 1 februari 2022 terasa meriah. Sebab, pada masa pandemi ini pengurus klenteng meniadakan perayaan yang dapat menimbulkan kerumunan.
 
Imlek tahun ini rencananya akan dirayakan klenteng kwan sing bio secara sederhana. Pengurus dan jamaah hanya akan menggelar sembahyang bersama dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.
 
Meski demikian, jamaah dan warga tetap diperbolehkan beribadah maupun berkunjung ke klenteng ini, namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.