Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Jumat, 21 Januari 2022, 13:27 WIB
Last Updated 2022-01-21T06:27:00Z
TubanViewerViral

Teror Warga Tuban, Sarang Tawon Ndas Sebesar Galon Dimusnahkan


TUBAN - Koloni tawon ndas yang bersarang di salah satu rumah warga di karang indah timur, kecamatan semanding, kabupaten tuban, membuat warga setempat resah. Hewan dengan nama latin vespa afinis ini membangun sarang sebesar galon di atap lantai dua rumah mindarko.

Ribuan lebah penyengat dipastikan menghuni sarang besar ini. Keberadaannya sangat mengancam keselamatan penghuni rumah serta warga sekitar, khususnya anak-anak. Diperkirakan sarang telah muncul sejak beberapa bulan lalu, dan terus bertambah besar setiap hari.

Belum ada korban sengatan lebah. Warga dan pemilik rumah baru mengetahui adanya sarang tawon ndas ini, pada rabu pagi kemarin. Awalnya, tetangga menaruh curiga karena banyak tawon dnas berkeliaran di halaman samping rumahnya. Setelah diamati ternyata tawon bersarang di lantai rumah mindarko.

Untuk mengantisipasi korban berjatuhan, pemilik rumah meminta bantuan petugas pemadam kebakaran. Satu unit tim diterjunkan untuk memusnahkan sarang tawon ndas beserta penghuninya. Pemusnahan dilakukan dengan cara membakar sarang.

Usai dimusnahkan dengan cara dibakar sarangnya. Petugas lalu menyemprotnya menggunakan air bertekanan tinggi, sehingga tawon ndas yang ada didalamnya langsung mati.

Teror tawon ndas banyak dialami warga kabupaten tuban. Selama dua hari terakhir, petugas damkar telah memusnahkan sebanyak lima sarang tawon ndas di berbagai tempat.

Atas persoalan ini, petugas menghimbau kepada warga untuk segera melapor jika mendapati adanya sarang semacam ini, sebab tawon sengatan tawon ndas sangat berbahaya.