Iklan

jtvbojonegoro
Friday, February 11, 2022, 19:40 WIB
Last Updated 2022-02-11T12:40:12Z
BojonegoroViewerViral

Bangun Disiplin Berkendara Sejak Dini, PEPC Gelar Kampanye _Safety Riding_ secara Marathon


BOJONEGORO - Pentingnya menumbuhkan kesadaran dan disiplin berlalu lintas di jalan raya sejak dini menjadi tanggung jawab seluruh elemen masyarakat. Dalam momentum memperingati Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Tahun 2022, PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12 (JTB) Regional Indonesia Timur Subholding Upstream Pertamina secara intens terus mengedukasi masyarakat tentang keselamatan berkendara di jalan raya.

Kegiatan yang dilakukan secara marathon ini digelar selama tiga hari berturut-turut bagi para generasi penerus bangsa. Dimulai dengan kampanye  safety riding di SMKN Ngasem pada Selasa (08/02) lalu, kemudian dilanjutkan keesokan harinya dengan kampanye di SMPN 2 Purwosari, dan rangkaian kegiatan penyuluhan keselamatan berkendara ini diakhiri di SMKN Purwosari, Bojonegoro, Jawa Timur pada Kamis (10/02/2022). 

Dengan menggandeng stakeholder dari Satlantas Polres Bojonegoro, PEPC memberikan edukasi kepada warga masyarakat terkait berlalu lintas yang aman. JTB Site Office & PGA Manager PEPC Edy Purnomo yang didampingi oleh Ast. Manager HSSE PEPC Teguh Priyambodo dalam seluruh kegiatan kampanye keselamatan berkendara ini berpesan kepada semua peserta agar selalu menaati setiap peraturan lalu lintas. Edy berharap dengan mengikuti kegiatan ini para siswa akan semakin dewasa dan bijak dalam berlalu lintas di jalan raya, selalu mengutamakan keselamatan dirinya juga  keselamatan pengguna jalan lainnya. "Setelah mendapatkan ilmu dari bapak-bapak kepolisian ini tentang berkendara yang aman, diharapkan adik-adik menjadi semakin matang dan disiplin dalam berkendara di jalan demi menjaga keselamatan sesama pengguna jalan," pesan Edy.

Sementara itu, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Ipda M. Imam Wahyudi yang hadir memimpin tim kampanye  safety riding juga menyampaikan harapan serupa, bahwa siswa-siswi sekolah menengah agar semakin meningkatkan kedewasaan dalam berkendara di jalan raya, selalu patuh terhadap peraturan lalu lintas sehingga keamanan dan keselamatan di jalan raya dapat dijaga bersama. "Kami mengapresiasi kepedulian PEPC terhadap keselamatan masyarakat yang diwujudkan melalui program kampanye disiplin berlalu lintas bersama Satlantas Polres Bojonegoro ke setiap lapisan masyarakat. Dari kegiatan semacam ini diharapkan dapat melahirkan duta-duta disiplin dan aman dalam berkendara," ungkap Imam. 

Menurut peserta kampanye, kegiatan selama tiga hari ini terasa sangat bermanfaat dan menyenangkan karena selain mendapat wawasan dan ilmu yang sangat bermanfaat mereka juga dapat mengikuti kuis-kuis seru yang disiapkan oleh panitia dengan topik terkait kampanye. Tak hanya itu, panitia juga menyediakan doorprize yang cukup menarik bagi peserta yang mampu menjawab kuis tersebut dengan benar. Pihak sekolah yang mendapat kesempatan edukasi  safety riding dari PEPC dan Satlantas Polres Bojonegoro pun mengapresiasi kegiatan bagi para peserta didiknya. 

Penyuluhan keselamatan berkendara ke sekolah-sekolah ini diadakan dengan harapan masyarakat dapat memahami akan pentingnya keselamatan berkendara sejak dini. Selain itu, para peserta yang berasal dari lingkungan sekolah ini selanjutnya diharapkan mampu membagikan ilmu dan wawasan yang diperoleh dalam kegiatan ini kepada orang-orang terdekatnya seperti keluarga dan kawan-kawannya. Kegiatan ini dilangsungkan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan sebagai upaya untuk turut mencegah terjadinya penyebaran Covid-19.